Mulyono Martono Ucapkan Selamat Kepada Anna

Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang terbuka Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilkada Indramayu tanggal 18 Agustus 2010 hari Jumat (24/9) lalu menetapkan menolak seluruh permohonan Pemohon yang terdiri dari lima (5) pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Indramyu yaitu calon nomor urut 1 (Api Karpi-Rawita), calon nomor urut 2 (Mulyono Martono-Handaru Wijayakusumah), calon nomor urut 3 (Gorry Sanuri-Ruslandi), calon nomor urut 5 (Toto Sucartono-Kasan Basari), dan calon nomor urut 6 (Uryanto Hadi-Abas Abdul Jalil).

Dengan demikian, permohonan Pemohon yang antara lain menetapkan MK untuk mendiskualifikasi pasangan calon nomor urut 4 (Anna Sophanah – Supendi) dan adanya Pilkada ulang tidak dipenuhi oleh MK.

Keputusan MK yang bersifat terakhir dan final ini tentunya menjadi catatan sejarah bagi perpolitikan Indramayu.

Sebagai warga negara yang taat hukum, Mulyono Martono yang memiliki komitmen untuk mematuhi hasil-hasil MK dan menerima apapun hasil MK, tak lama setelah mendengar keputusan MK tersebut langsung menyampaikan ucapan selamat melalui SMS kepada Cabup terpilih Hj. Anna Sophanah. SMS yang disertai harapan akan membaiknya kondisi masyarakat Indramayu dan perbaikan pembangunan Indramayu ini pun gayung bersambut dengan balasan Anna beberapa saat kemudian membalas yang isinya pada intinya berterima kasih dan memohon doa agar mampu mengemban amanah serta diberi kekuatan dan kemudahan.

Inilah bentuk komunikasi politik yang semestinya dilakukan oleh seluruh peserta Pilkada Indramayu.Yang kalah harus berjiwa besar menerima dan mengakui kekalahannya. Yang menang, tak perlu arogan dan menutup diri. Karena kedua sikap tersebut pada akhirnya merugikan masa depan Indramayu.

Proses hukum telah dijalankan. Dalam kesimpulannya MK menyatakan bahwa meski eksepsi Termohon (KPU Indramayu) dan Pihak Terkait tidak memiliki alasan hukum, namun pokok permohonan Pemohon pun tidak terbukti menurut hukum. Kurang dan lemahnya alat bukti inilah yang tak mampu meyakinkan para Hakim Konstitusi yang diketuai oleh Ketua MK Moh. Mahfud MD untuk menerima keberatan dan mengabulkan permohonan Pemohon. Namun demikian hasil-hasil MK hendaklah tetap kita junjung tinggi.

Kini saatnya Indramayu segera berbenah menuju masa depan yang lebih baik.

This entry was posted in Dari POSKO. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s