MK Tolak Permohonan 5 Calon Bupati

PR Cetak – Sabtu, 25 September 2010

JAKARTA, (PR).-Mahkamah Konstitusi menolak permohonan lima pasang calon bupati dan wakil bupati terkait kecurangan Pemilukada Kab. Indramayu. Pokok permohonan dianggap tidak terbukti menurut hukum. Dengan demikian, KPU Kab. Indramayu tetap pada keputusannya yang memenangkan pasangan nomor urut 4 yaitu Anna Sopanah-Supendi.

Keputusan MK itu diambil melalui Rapat Permusyawaratan Hakim dan diucapkan dalam Sidang Pleno Terbuka di Gedung MK Jln. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (24/9).

Sidang dipimpin langsung Ketua MK Mahfud M.D. dan dihadiri delapan hakim konstitusi lainnya. Keputusan diambil secara musyawarat tanpa dissenting opinion (opini berbeda).

Kelima pasang calon bupati dan wakil bupati yang mengajukan perkara perselisihan hasil pemilukada yaitu pasangan calon nomor urut 1 (Api Karpi-Rawita), calon nomor urut 2 (Mulyono Martono-Handaru Wijayakusumah), calon nomor urut 3 (Gorry Sanuri-Ruslandi), calon nomor urut 5 (Toto Sucartono-Kasan Basari), dan calon nomor urut 6 (Uryanto Hadi-Abas Abdul Jalil).

Dari empat belas inti keberatan para pemohon, MK tidak mendapatkan bukti-bukti yang cukup secara hukum. Adapun empat belas inti keberatan yang diajukan antara lain terhadap keputusan KPU Kab. Indramayu No.345/KPUIm/ Kab/VIII/2010 tentang Penetapan dan Pengumuman Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Umum Kab. Indramayu tanggal 24 Agustus 2010 dan keterlibatan Bupati Indramayu secara langsung dan tidak langsung.

“Terhadap permasalahan hukum itu, setelah mempersandingkan bukti dan fakta dari para pihak, mahkamah berpendapat, dalil itu tidak didukung oleh bukti yang cukup meyakinkan mahkamah bahwa pelanggaran itu bersifat terstruktur, sistematis, dan masif. Dengan demikian dapat memengaruhi perolehan suara para Pemohon secara signifikan. Oleh karena itu, dalil tersebut tidak terbukti dan tidak beralasan menurut hukum,” kata majelis hakim.

Menanggapi keputusan MK itu, Ketua KPU Kab. Indramayu Ahmad Khotibul Umam menyatakan rasa syukurnya. “Kami akan segera menindaklanjuti dan melaporkan ke DPRD untuk segera melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih.” (A-156/A-160/A-96)***

This entry was posted in Berita Pilkada. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s