Demo Warnai Penetapan Bupati Terpilih

Laporan wartawan KOMPAS Timbuktu Harthana

Jumat, 27 Agustus 2010 , 10:10 WIB

INDRAMAYU, KOMPAS.com — Sekitar 200 pengunjuk rasa berdemonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jumat (27/8/2010). Mereka menolak hasil pemilihan kepala daerah yang akan ditetapkan KPU, Jumat pagi.

Para pendemo kecewa pada hasil pilkada Indramayu yang memenangkan pasangan calon Anna Sophanah-Supendi. Keduanya dinilai banyak melakukan kecurangan. Pengunjuk rasa, di antaranya dari aliansi masyarakat untuk demokasi, datang sekitar pukul 09.15 WIB langsung berorasi.

Sementara itu, satuan polisi dari Kepolisian Resor Indramayu berjaga ketat di depan kantor, menahan pendemo yang ingin masuk ke kantor KPU. Pengunjuk rasa memprotes hasil pilkada yang mereka nilai penuh kecurangan, khususnya yang dilakukan pasangan calon terpilih, yakni pasangan Anna Sophanah-Supendi.

Pasangan tersebut diduga telah memanfaatkan kekuasaan bupati yang menjabat saat ini, Irianto MS Syafiuddin, memengaruhi kepala desa dan camat menjadi mesin politik menggerakkan warganya untuk memilih pasangan Anna-Supendi.

Selain itu, mereka melihat adanya warga Indramayu yang tidak tercantum pada daftar pemilih tetap (DPT), padahal ketika pemilu presiden dan legislatif warga itu ikut memilih. Dugaan politik uang yang berasal dari APBD Indramayu juga dilakukan oleh pasangan yang didukung penuh oleh Bupati Indramayu saat ini.

Perlu diketahui, pasangan Anna-Supendi menang pada Pilkada Indramayu dengan meraih suara 60,7 persen, jauh di atas lima pasangan calon lain. Pasangan ini akan ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih oleh KPU.

This entry was posted in Berita Pilkada. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s