Kemenangan Calon Independen di Indramayu,sebuah kemungkinan

Landasan Hukum Independen (Perseorangan) mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah berdasarkan pada Undang-Undang No. 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah yang teknis pelaksanaannya diatur dalam Peraturan KPU No. 15 tahun 2008. Kedua dasar hukum tersebut merupakan hasil perjuangan di Mahkamah Konstitusi dengan keputusan Nomor 5/PUU-V/2007 yang membuka peluang bagi calon independen dalam Pilkada.

Hasil Pilkada Indramayu Rabu 18 Agustus 2010 mendatang akan menjadi catatan sejarah bagi demokrasi di Indramayu. Diikuti 6 (enam) pasang calon Bupati dan Wakil Bupati, komposisi para calon ini imbang dari sisi proses pencalonan. Tiga pasangan diusung gabungan partai politik, tiga pasangan lainnya diusung melalui jalur independen (perseorangan).

Tercatat sampai dengan saat ini sudah ada lima kemenangan Pilkada oleh independen. Mereka adalah :

Pertama, pemilihan Bupati Rote Ndou Oktober 2008 lalu yang dimenangkan oleh pasangan non partai yaitu Christian N Dillak, SH- Zacharias P Manafe.  Pasangan ini mengalahkan calon perseorangan lain yaitu Leonard Haning MM – Drs Marthen L Saek. Kemenangan Christian N Dillak, SH- Zacharias P Manafe merupakan kemenangan pertama bagi calon perseorangan yang bertarung di Pilkada.

Yang kedua, perseorangan menang di Pilkada terjadi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, 10 Oktober 2008. Pasangan O.K. Arya Zulkarnain-Gong Martua Siregar menyingkirkan pesaingnya yang diusung partai politik.

Yang ketiga, perseorangan menang di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, 19 Desember 2009 lalu. Pasangan Muda Mahendrawan – Andreas Muhrotien mengalahkan jago dari partai politik.

Yang keempat, pada Pemilukada Garut bahkan sampai terjadi dua putaran. Putaran Pertama diikuti oleh 7 (tujuh) pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati. 4 (empat) pasangan calon dari partai Politik, sisanya 3 (tiga) pasangan dari calon Perseorangan. Pada Pilkada putaran pertama tanggal 26 Oktober 2008 Ceng Fikri-Dicky Chandra lolos keputaran kedua dengan suara dibawah pasangan dari Parpol Rudi-Oim. Namun pada putaran kedua Ceng Fikri-Dicky Chandra justru lolos dan ditetapkan KPU Garut sebagai pemenang Pilkada di Kabupaten Garut. Pasangan Ceng Fikry Diki Chandra menang mutlak dengan 535.289 suara (55,8 persen) mengalahkan pasangan Rudy-Oim dengan suara 423.263 (44,2 persen). Kemenangan pasangan Ceng Fikri-Dicky Chandra (Anda) yang diusung dari independen juga menjadi sejarah bagi Garut. Dan ironisnya, kemenangan itu terjadi di daerah basis kuat partai besar selama ini. Kabupaten Garut hingga Pemilu 2004, merupakan basis terkuat partai-partai politik. Apalagi Garut juga sebagai salah satu barometer perpolitikan di Indonesia.

Sedangkan untuk pemilihan Gubernur, calon independen (perseorangan) yang berjaya adalah Irwandi Yusuf sukses merebut kursi Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam.

Pada Pilkada Indramayu ini, dikarenakan diikuti enam pasangan calon, maka untuk memenangkan Pilkada dengan satu putaran, calon yang mendapatkan minimal 30% suara sah, kan ditetapkan menjadi pemenang Pilkada Indramayu. Jika tidak ada yang mendapatkan  minimal 30% suara sah, maka Pilkada Indramayu akan dilangsungkan kembali pada putaran kedua dengan diikuti pemenang terbanyak pertama dan kedua. Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah ditetapkan, yaitu sebesar 1.335.306 pemilih. Mereka terdiri dari 661.816 laki-laki dan 673.220 perempuan. Sementara jumlah tempat pemungutan suara (TPS) adalah 2.999 yang tersebar di 31 kecamatan.

Jika Cabup Mulyono Martono dan Cawabup Handaru Wijaya Kusumah (MULYA-JAYA) dapat memenangkan Pilkada di Kabupaten Indramayu 18 Agustus mendatang, baik satu putaran maupun dua putaran, maka pasangan MULYA-JAYA ini akan menjadi catatan sejarah kelima pasangan Kepala Daerah dari jalur independen yang mendapatkan kemenangan. Insya Allah. ***

This entry was posted in Dari POSKO. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s